Senin, 04 Juni 2012

manfaat penggunaan E-Commerce


Banyak keuntungan yang ditawarkan e-commerce yang sulit atau tidak dapat di peroleh melalui cara-cara transaksi konvensional. Pada dasarnya, keuntungan pengguna e-commerce dapat di bagi dalam dua bagian, yakni keuntungan bagi pedagang dan keuntungan bagi pembeli.
Menurut Joseph Luhukay (Presiden Director, Capital Market Society) sebagaimana dikutip oleh majalah Infokomputer edisi Oktober 1999, keuntungan bagi pedangang antara lain:
1.      Dapat digunakan sebagai lahan menciptakan pendapatan, yang sulit atau tidak dapat diperoleh melalui cara konvensional, seperti memasarkan produk atau jasa, mejual informasi, iklan, membuka Cybermall, dan sebagainya.
2.      Menurunkan biaya oprasional, berhubungan langsung dengan pelanggan melalui internet dapat menghemat kertas dan biaya telepon, tidak perlu menyiapkan tempat ruangan pamer, staff oprasional yang banyak, gudang yang besar, dan sebagainya.
3.      Memperpendek product cycle dan manajement supplier, perusahaan dapat memesan bahan baku atau produk ke supplier langsung ketika ada pemesan sehingga perputaran barang lebih cepat dan tidak perlu gudang besar untuk menyimpan produk-produk tersebut.
4.      Melebarkan jangkauan, pelanggan dapat  menghubungi perusahaan/penjual dari manapun di seluruh dunia.
5.      Waktu operasi tidak terbatas, bisnis melalui internet dapat dilakukan selama 24 jam per hari, 7 hari per minggu.
6.      Pelayana ke pelanggan lebih baik, melalaui internet pelangan dapat menyampaikan kebutuhan maupun keluhan secara langsung sehingga perusaan dapat mengikatkan pelayanannya.
Keuntungan bagi pembeli, antara lain :
1.      Home shopping, pembeli dapat melakukan transaksi dari rumah sehingga dapat menghemat waktu, menghindari kemacetan, dan mengjangkau took-toko yang jauh dari lokasi.
2.      Mudah melakukan, tidak perlu pelatihan khusus untuk bisa belanja atau melakukan transaksi melalui internet.
3.      Pembeli memiliki pilihan yang sangat luas dan dapat membandingkan produk maupun jasa yang ingin dibelinya.
4.       Tidak dibatasi waktu, pembeli dapat melakukan transaksi kapan saja selama 24 jam per hari, 7 hari per minggu.
5.      Pembeli dapat mencari produk yang tidak tersedia atau sulit di peroleh di outlet-outlet/pasar tradisional.
Keuntungan –keutungan diatas apabila dipergunakan dengan baik dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap E-Commerce yang pada akhirnya dapat pula mengikatkan pertumbuhan perekonomian nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar