Banyak keuntungan yang
ditawarkan e-commerce yang sulit atau
tidak dapat di peroleh melalui cara-cara transaksi konvensional. Pada dasarnya,
keuntungan pengguna e-commerce dapat
di bagi dalam dua bagian, yakni keuntungan bagi pedagang dan keuntungan bagi
pembeli.
Menurut Joseph Luhukay
(Presiden Director, Capital Market Society) sebagaimana dikutip oleh majalah
Infokomputer edisi Oktober 1999, keuntungan bagi pedangang antara lain:
1. Dapat
digunakan sebagai lahan menciptakan pendapatan, yang sulit atau tidak dapat
diperoleh melalui cara konvensional, seperti memasarkan produk atau jasa,
mejual informasi, iklan, membuka Cybermall,
dan sebagainya.
2. Menurunkan
biaya oprasional, berhubungan langsung dengan pelanggan melalui internet dapat
menghemat kertas dan biaya telepon, tidak perlu menyiapkan tempat ruangan
pamer, staff oprasional yang banyak, gudang yang besar, dan sebagainya.
3. Memperpendek
product cycle dan manajement supplier, perusahaan dapat memesan bahan
baku atau produk ke supplier langsung
ketika ada pemesan sehingga perputaran barang lebih cepat dan tidak perlu
gudang besar untuk menyimpan produk-produk tersebut.
4. Melebarkan
jangkauan, pelanggan dapat menghubungi
perusahaan/penjual dari manapun di seluruh dunia.
5. Waktu
operasi tidak terbatas, bisnis melalui internet dapat dilakukan selama 24 jam
per hari, 7 hari per minggu.
6. Pelayana
ke pelanggan lebih baik, melalaui internet pelangan dapat menyampaikan
kebutuhan maupun keluhan secara langsung sehingga perusaan dapat mengikatkan
pelayanannya.
Keuntungan
bagi pembeli, antara lain :
1. Home shopping,
pembeli dapat melakukan transaksi dari rumah sehingga dapat menghemat waktu,
menghindari kemacetan, dan mengjangkau took-toko yang jauh dari lokasi.
2. Mudah
melakukan, tidak perlu pelatihan khusus untuk bisa belanja atau melakukan
transaksi melalui internet.
3. Pembeli
memiliki pilihan yang sangat luas dan dapat membandingkan produk maupun jasa
yang ingin dibelinya.
4. Tidak dibatasi waktu, pembeli dapat melakukan
transaksi kapan saja selama 24 jam per hari, 7 hari per minggu.
5. Pembeli
dapat mencari produk yang tidak tersedia atau sulit di peroleh di outlet-outlet/pasar tradisional.
Keuntungan –keutungan diatas
apabila dipergunakan dengan baik dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat
terhadap E-Commerce yang pada
akhirnya dapat pula mengikatkan pertumbuhan perekonomian nasional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar